Home » Artikel Kesehatan » Hubungan Antara Tekanan Darah Tinggi Dengan Penyakit Ginjal

Hubungan Antara Tekanan Darah Tinggi Dengan Penyakit Ginjal

Bagaimana hipertensi bisa berhubungan dengan penyakit ginjal?

hubungan hipertensi dengan ginjal
Pasien yang menderita penyakit hipertensi di masyarakat banyak ditemukan , meskipun banyak dilakukan cara untuk mengatasinya tetapi masih ada banyak orang yang tekanan darahnya tidak terkontrol. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat.

Seiring dengan bertambahnya usia resiko terkena penyakit hipertensi ini akan meningkat. Bahkan sekarang banyak pasien hipertensi yang usianya masih muda. Tentunya penyakit ini bisa menyerang siapa saja terutama orang yang kurang menjaga pola makannya.

Tekanan darah Anda 130 per 90 atau 130/90 mmHG, berarti Anda memiliki tekanan sistolik 130 mmHg dan tekanan diastolik 90 mmHg. Angka normal tekanan darah adalah yang berada di bawah 120/80 mmHG.

Anda akan dianggap mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi jika hasil dari beberapa kali pemeriksaan, tekanan darah Anda tetap mencapai 140/90 mmHg atau lebih tinggi.

Lalu apa hubunganya hipertensi dengan ginjal?

Tidak semua orang mengetahui bahwa ginjal dan hipertensi ternyata memiliki keterkaitan yang erat. Pada dasarnya ginjal berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang, menyaring darah dan membuah limbah yang dibawa oleh darah dan menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah.

Obat Herbal Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

ginjalDengan kata lain bisa disimpulkan bahwa tinggi rendahnya tekanan darah seseoarang dipengaruhi juga oleh fungsi ginjal. Penyakit ginjal dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan juga sebaliknya hipertensi dalam jangka waktu yang lama mampu mengganggu ginjal. Semakin tinggi tekanan darah dalam jangka waktu yang lama maka makin berat komplikasi yang dapat ditimbulkannya.

Karena hipertensi pada dasarnya merusak pembuluh darah. Apabila pembulluh darahnya ada pada organ ginjal, tentu ginjal yang akan mengalami kerusakan. Bahkan hipertensi bisa berakibat munculnya penyakit gagal ginjal.

Naiknya tekanan darah di atas ambang batas normal bisa merupakan salah satu gejala munculnya penyakit pada ginjal. Beberapa gejala-gejala lainnya seperti berkurangnya jumlah urine atau sulit berkemih, edema (penimbunan cairan) dan meningkatnya frekuensi berkemih terutama pada malam hari.

Oleh sebab itu tekanan darah tinggi ini memiliki hubungan yang berkaitan dengan ginjal. Seperti yang Anda ketahui bahwa penyakit hipertensi sudah menjadi salah satu faktor meningkatnya kematian di masayarakat, bila tidak segera ditangani.

Baca Juga: Obat Herbal Untuk Ginjal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*