Home » HEALTH INFO » Jangan Sampai Ketinggalan, Makanan Anti Kanker Prostat

Jangan Sampai Ketinggalan, Makanan Anti Kanker Prostat

Inilah  Makanan Yang Bisa Mencegah Kanker Prostat

pencegahan

Seperti yang telah kita ketahui makanan juga bisa menjadi penyebab terjadinya suatu penyakit. Itupun bila kita mengkonsumsi makanan yang kurang baik, disisi lain ada beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan yang lebih pentingnya makanan tersebut dapat membantu kita dalam proses penyembuhan  dari sebuah penyakit yaitu kanker prostat.

Kalian pasti sudah tahu bukan bila kanker prostat ini sering menyerang kaum pria, Prostat sendiri adalah kelenjar kecil dipanggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

Jadi kanker prostat adalah suatu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Kalu begitu makanan apa saja yang bisa mempercepat proses penyembuhan kanker prostat? berikut informasinya:

Tomat

tomat

Buah tomat tinggi akan lycopene, yang memiliki efek perlindungan terhadap prostat, paru-paru dan kanker perut. Beberapa studi menunjukan bahwa tingkat tinggi lycopene dalam darah terkait dengan rendahya resiko seseorang terkena kanker prostst dan bahkan dapat membantu memperlambat penyebaran sel-sel kanker.

Buah tomat sudah sejak lama dikenal sebagai buah yang efektif dalam membantu mencegah kanker prostat. Karena dalam buah bernama asing lyporsicon esculentum ini terkandung 45.902 mikrotamlycopene per 100 gram penyajian.

Baca juga artikel: Inilah Cara Alami Penyembuhan Kanker Prostat

Kacang kedelai

Hasil studi pada kacang kedelai menunjukan bahwa kandungan senyawa yang terdapat pada kedelai mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker bahkan dapat mencegah sel kanker tumbuh kembali. Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai dalam berbagai cara seperti susu kedelai, roti kedelai, tahu dan tempe, tapi usahakan dalam pengonsumsian kacang kedelai tanpa menambahkan garam atau gula.

Buah Apel

Apel merupakan salah satu sumber terbaik dari buah-buahan, memiliki kandungan vitamin C dan Quercetin. Selain itu kandungan senyawa flavonoid menjadikan buah apel ini apelsebagai antioksidan super dan berfungsi sebagai anti-inflamasi.
Orang yang mengunyah apel lebih dari satu perhari, berisiko rendah menderita kanker, mulai dari kanker mulut, kanker prostat, esofagus, usus besar, payudara, ovarium, dan lain-lain. Para penelitia Italia memperkirakan, mereka yang mengonsumsi apel secara rutin bisa mencegah penyakit mematikan ini 42 persen.

Jus Delima

jus delima

Buah delima merupakan sumber yang kaya antioksidan. Antioksidan yang ditemukan dalam buah delima bekerja dengan metode “mencari dan menghancurkan”, secara eksklusif menargetkan sel-sel kanker prostat, bukan sel-sel sehat. Sebuah studi telah menemukan bahwa jus delima dan ekstrak, dapat menghambat produksi sel-sel kanker prostat yang berbeda.
Para peneliti menemukan adanya zat ingredient yang aktif dalam segelas jus delima. Ingredient itu adalah phenylpropanoids, hydrobenzoic acid, flvones dan conjugated fatty acid yang mempunyai impact molekular pada adhesi dan migrasi sel pada sel-sel kanker prostat metastatik.

Sayuran

Jenis sayur seperti kembang kol, brokoli, kubis. bok choy, kanngkung dan bayam sasayuranngat ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat serta dapat meminimalisir resiko terjadinya penyakit kanker prostat. Sayur brokoli mengandung phytochemical. Senyawa tersebut dapat melawan sel-sel kanker yang dapat menyebabkan kanker prostat.

Teh Hijau

teh hijau

Meminum teh hijau senam kali setiap hari dipercaya dapat memperlambat perkembangan kanker prostat.Kandungan polifenol dalam teh hijau diketahui memiliki efek melawan kanker prostat. Penelitian sebelumnya di Italia menunjukkan konsumsi ekstrak teh hijau akan menurunkan risiko prakanker menjadi kanker.

Itulah beberapa makanan yang dapat mengurangi resiko kita terkena kanker prostat.
“Sebenarnya beberapa jenis makanan juga punya efek proteksi kanker yang sama. Misalnya saja likopen dan asam lemak omega-3. Karena itu bagi pasien kanker disarankan untuk mengubah pola makannya, misalnya lebih banyak makan buah dan sayur serta minum teh hijau,” kata Susanne Henning, ahli gizi dan peneliti.

Demikian informasinya dan semoga bermanfaat!!

Baca Juga Artikel:Penyakit Meningitis pada Anak
Senam Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*