Home » Artikel Kesehatan » Makanan Untuk Menyehatkan Fungsi Hati Atau Liver

Makanan Untuk Menyehatkan Fungsi Hati Atau Liver

Beberapa Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Kesehatan tubuh adalah hal paling penting untuk semua manusia, berbagai cara dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat karena apabila tubuh mengalami gangguan itu akan membuat kehidupan sehari-hari Anda terganggua akibatnya Anda tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan maksimal. Ada begitu banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh apabila tubuh tidak mendapatkan nutrisi ataupun kebutuhannya tidak terpenuhi itu akan menyebabkan organ tubuh tidak bisa berjalan dengan normal sehingga pertahanan tubuh melemah dan penyakitpun akan mudah menyerang tubuh Anda.

makanan untuk menyehatkan hati
Semua organ yang ada di dalam tubuh memang penting, salah satu organ yang berperan penting ialah hati. Hati bersama dengan ginjal bertanggung jawab untuk membersihkan seluruh sistem dalam tubuh dari racun dan zat-zat yang tidak diinginkan untuk dihilangkan dari dalam tubuh. Selkain itu hati juga memiliki kemampuan untuk menjaga vitamin dan mineral terutama zat besi, Hati juga memiliki kemampuan dalam mengukur kadar gula pada tubuh.

Betapa pentingnya peran hati pada tubuh, apa yang akan terjadi bila hati mengalami gangguan Anda pasti tahu dengan jelas akibatnya bagi tubuh. Makanan, adalah salah satu yang selalu menjadi faktor penyebab datangnya penyakit tak terkecuali pada hati. Untuk itu Anda harus bisa memperhatikan dan memilih makanan apa saja yang baik untuk tetap menjaga kesehatan organ hati agar tidak mengalami gangguan.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk membuat hati tetap sehat

Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kale banyak mengandung zat hijau atau klorofil, yaitu senyawa kimia yang akhirnya merangsang hati agar bekerja lebih efisien. Bila Anda mengkonsumsi sayuran tersebut secara rutin dapat meghilangkan efek samping dari racun dalam makanan.

Buah yang mengandung vitamin C
Seperti yang Anda ketahui vitamin C adalah antioksidan alami yang bekerja sebagai antinflamator. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengkonsumsi buah jeruk, lemon, pepaya, jambu, mangga dan yang lainnya. Semua ini adalah makanan yang baik untuk kesehatan hati dan juga bermanfaat untuk sistem imun tubuh.

Kacang kenari
Kacang jenis ini mengandung asm lemak omega 3 yang baik untuk membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Omega juga memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan perkembangan sel-sel otak. Jadi bila Anda mengkonsumsi kenari tidak hanya kesehatan hati yang terjaga tapi kesehatan jantung dan otakpun bisa terjaga dengan baik.

Pare
Tidak semua orang suka dengan jenis sayuran ini pasalnya pare ini memiliki rasa yang pahit. Tapi tahukah Anda justru rasa pahit pada pare tersebut bisa menyehatkan fungsi hati, yang akan merangsang produksi empedu di dalam hati sehingga bisa memicu kinerja hati yang lebih baik.

Makanan yang mengandung serat larut
Apa Anda tahu jenis makanan apa saja yang kaya akan serta larut? Beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut bisa Anda temukan pada bekatul, oat bran, beras merah dan juga buah pir. Makanan ini akan membantu hati untuk mengeluarkan kolesterol dan cairan empedu saat Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Buah apel
Bahan memiliki kandungan vitamin A yang banyak, apel juga sangat banyak mengandung mineral sehingga bisa membantu melancarkan saluran pencernaan dan juga membersihkan hati. Oleh karena itu buah apel juga bisa menyehatkan hati. Jadi konsumsi secara rutin ya agar hati tetap sehat.

Minyak zaitun
Minyak zaitu mengandung asam lemak yang baik dan berguna untuk menyerap berbagai jenis racun yang ada di dalam tubuh sehingga kinerja hati lebih ringan. Minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan untuk melembabkan bibir karena minyak zaitun ini bermanfaat untuk mengatasi bibir kering.

Semua makanan diatas sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda agar organ hati tetap sehat. Saat kesehatan hati terjaga dengan baik maka hati bisa melakukan kinerja atau fungsinya dengan baik sehingga tubuh tidak akan mengalami gangguan dan akan sehat pula.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*