Home » Artikel Kesehatan » Penyebab Hidrosefalus Pada Bayi Sejak Dalam Kandungan

Penyebab Hidrosefalus Pada Bayi Sejak Dalam Kandungan

Penyakit Hidrosefalus Pada Bayi Sejak Dalam Kandungan

Hidrosefalus adalah penumpukan cairan pada rongga otak atau yang disebut dengan ventrikel. Yang mengakibatkan ventrikel-ventrikel di dalamnya membesar dan menekan organ tersebut.

hidresefalusAda banyak yang menjadi penyebab hidosefalus ini, namun yang paling sering ditemui adalah karena kelainan bawaan sejak lahir yang disebabkan oleh infeksi toksoplasmosis. Apabila terjadi infeksi saat di dalam kandungan biasanya bayi akan lahir dengan hidrosefalus.

Beberapa faktor risiko yang bisa menjadi penyebab hidrosefalus bayi dalam kandungan seperti :

  • Cacar tabung saraf.
  • Infeksi yang terjadi saat kehamilan.
  • Adanya infeksi otak.
  • Adanya malformasi otak.
  • Adanya cedera otak.
  • Adanya pendarahan yang terjadi di otak.

Jadi selama masa kehamilan harus sudah dipastikan bahwa sang ibu berada pada kondisi sehat, tidak ada infeksi-infeksi yang bisa menyebabkan kelainan bawaan. Selain itu ibu hamil harus menjaga asupan gizi. Kekurang zat gizi tertentu atau komponen tertentu dapat berakibat kelainan pada bayi termasuk kelainan otak.

Untuk memeriksa apakah bayi dalam kandungan sehat atau tidak biasanya para ibu hamil sering melakukan pemeriksaan. Salah satu pemeriksaan yang bisa digunakan untuk mendiagnosis bayi dalam kandungan menderita hiodrosefalus atau tidak ialah dengan melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan tersebut bisa dilakukan saat usia kandungan 6-7 bulan.

Cara Pencegahan Hidrosefalus

Mencegah bisa menghindarkan dari penyakit hidrosefalus. Yang harus diingat disini adalah penyakit ini bukanlah penyakit keturunan, sehingga bisa menyerang siapa saja yang memiliki faktor resiko tinggi.

Tes TORCH
Dengan melakukan pemeriksaa apakah didalam dirinya ada virus toksoplasma ataukah tidak. Jika tidak ada maka untuk kehamilan cenderung aman karena tumbuh kembangnya janin tidak akan terganggu dengan adanya virus tersebut.

Melakukan Pemeriksaan Kelahamilan Secara Rutin
Ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua ibu hamil. Selain pemeriksaan ini sangat penting untuk menghindari bayi dari penyakit hidosefalus. Pemeriksaan ini juga penting agar Anda bisa mengetahui bahwa bayi yang ada dalam kandungan tumbuh dengan sehat dan kuat tanpa ada masalah.

Menjaga Asupan Gizi
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa asupan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin sangat penting. Selain janin akan tumbuh dengan sehat asupan gizi yang baik juga bisa membuat calon ibu juga sehat.

Menghidari Benturan
Orang yang mengalami kecelakaan dengan benturan yang ada di kepala memiliki resiko yang besar terkena hidrosefalus. Oleh sebab itu sebisa mungkin hindarilah benturan yang keras di kepala.

Dan cara pencegahan terakhir yang kami sarankan ialah dengan menggunakan obat herbal QnC Jelly Gamat. Jangan khawatir obat ini 100% aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena terbuat dari bahan herbal alami tanpa bahan kimia sehingga 100% aman. QnC Jelly Gamat ini bisa mengatasi berbaai keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil serta dapat membantu mencegajh penyakit hidosefalus pada janin. Untuk mengetahui lebih jelas manfaat qnc jelly gamat untuk penyakit hidosefalus pada bayi Anda bisa membacanya di halaman berikut ini
|Obat Herbal Penyakit Hidrosefalus Untuk Bayi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*