Home » Artikel Kesehatan » Senam Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Senam Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Senam Sehat Untuk Ibu Hamil

Dan Janin Sehat

ibu dan bayiTerlahirnya bayi kedunia dengan selamat dan sehat tanpa ada kekurangan apapun adalah keinginan dari semua orang tua didunia ini, lahirnya bayi merupakan lambang cinta dan kesempurnaan untuk pasangan suami istri. Karena itu dalam masa kehamilan para ayah akan lebih memperhatikan sang ibu dan calon buah hatinya dengan ekstrak hati-hati. Masa kehamilan juga masa yang sangat menentukan seorang wanita. Semua wanita yang ada didunia ini tentunya ingin sekali memiliki bayi yang sehat tanpa gangguan apapun. Untuk itu ibu hamil sangat membutuhkan makanan yang bergizi dan sehat, istirahat yang cukup, olahraga yang sesuai agar tubuh ibu hamil dan janin tetap sehat dan bugar.

Baca juga:Suplemen Kesehatan Untuk Ibu Hamil QnC Jelly Gamat

Salah satu olahraga ini sangat sesuai bagi ibu hamil yaitu dengan senam ibu hamil. Jenis olahraga ini akan disesuaikan dengan perubahan fisik pada tubuh seperti halnya perubahan organ genital, posisi perut semakin membesar, dan perubahan yang lainnya. Sehingga dengan melakukan senam untuk ibu hamil ini, seorang ibu yang hamil akan bisa menjaga kesehatan pada tubuh dan janin yang ada dalam kandungannya secara optimal.

Berbagai gerakan untuk senam hamil ini akan melatih ibu hamil dalam mempersiapkan tubuh baik secara fisik maupun mental. Dan senam hamil ini juga bisa digunakan sebagai sebuah terapi untuk melatih proses persalinan cepat, spontan dan yang pasti aman.

Sebelum melakukan gerakan senam hamil, para ibu hamil diharuskan melakukan gerakan-gerakan pemanasan. Gerakan pemanasan tersebut dilakukan  agar peredaran darah pada tubuh bisa meningkat, serta oksigen yang akan diangkut ke otot-otot pada tubuh dan jaringan anda bisa bertambah banyak.

Senam ibu hamil sangat baik dilakukan ketika kandungan berusia 6 bulan ke atas. Ini dilakukan agar ibu hamil sudah terbiasa dengan gerakan-gerakan saat proses persalinan nantinya, bagi Anda yang ingin melakukan senam hamil diwajibkan untuk konsultasikan dulu ke pada dokter atau bidan, sehingga Anda bisa mendapat izin dari bidan atau dokter.

Gerakan-gerakan Senam Untuk Ibu Hamil

Duduk Bersila

gerakan duduk bersilaDuduk bersila saat melakukan senam adalah gerakan dasar dalam senam ibu hamil ini. Untuk melakukan gerakan ini Anda hanya butuh matras untuk bantalan duduk, pilihlah jenis matras dengan bahan yang aman dan nyaman, sehingga posisi Anda tidak akan terganggu.

Saat duduk bersila, ambilah posisi duduk dengan posisi tangan kiri dan kanan berada pada sisi tubuh, posisi siku secara lurus dan telapak tangan menempel pada lantai. Setelah itu atur nafas secara berulang kali, kemudian Anda bisa menambahkan beberapa gerakan seperti mengangkat kedua tangan Anda dari samping menuju arah kepala sambil menarik nafas secar perlahan. Lalu turunkan tangan secara perlahan pada bagian tubuh depan Anda.

Posisi berbaring

posisi ini bisa dilakukan dengan mengerakgerakan berbaringkan tubuh secara berbaring, dan posisikan kaki menumpu ke arah dinding. Posisikan kedua tangan ke arah samping tubuh dengan bagian telapak tangan dihadapkan ke arah atas tubuh. lakukan dengan rileks lalu tarik nafas secara perlahan.

Posisi Merangkak

gerakan merangkakPosisi tersebut dilakukan dengan cara bagian siku tangan diluruskan, lalu arahkan pandangan ke arah depan dengan posisi kepala dan punggung terangkat. tarik nafas secara perlahan-lahan, lalu lengkumgkan posisi punggung ke arah dalam, kemudian tarik kembali nafas dengan perlahan sambil meluruskan kembali posisi punggung ke semula. lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

Posisi Berbaring Terlentang

posisi terlentangPosisikan badan dengan cara memegang kedua mata kaki Anda dengan dua tangan, lalu buku mulut untuk bisa mengatur nafas Anda. Kemudian gerakan posisi badan ke arah bawah dan depan dengan cara mengkolaborasikan melalui hitungan sesuai dengan tenaga yang Anda miliki.

Itulah beberapa gerakan senam pada ibu hamil yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. Dengan melakukan senam ibu hamil ini Anda akan mendapatkan manfaat yaitu diharapkan bisa melakukan prosesi kelahiran secara lancar, dapat memberikan tenaga yang kuat dan mampu dengan baik melakukan proses persalinan secara normal dan cepat.

Selain melakukan senam ibu hamil, Anda juga wajib dan perlu melakukan gerakan ringan dan aktif untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh Anda dan janin yang ada dalam kandungan. Selain itu Anda juga perlu mengonsumsi banyak buah dan sayuran agar nutrisi janin terpenuhi. Nah itulah informasi tentang senam sehat ibu hamil, semoga  menjadi informasi yang dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya.

Pemberitahuan!!

Bagi Anda para ibu hamil yang mengalami penyakit seperti wasir, magg, asam lambung, nyeri sendi atau penyakit lainnya ketika sedang hamil bisa diatasi dengan herbal alami QnC Jelly Gamat yang sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa Menyebabkan efek negatif apapun pada ibu atau janin. Bisa klik  Cara Pemesanan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*