Home » Artikel Kesehatan » Tips Mudah Mengatasi Mual Dan Muntah Saat Hamil

Tips Mudah Mengatasi Mual Dan Muntah Saat Hamil

Mengatasi Mual Dan Muntah Pada Masa Kehamilan

Pada masa awal kehamilan calon ibu hamil sering mengalami kehulahan pusing dan mual-mual yang membuat mereka tidak bisa makan dengan baik dan membuat badan mereka menjadi lmas. Tapi jangan khawatir itu adalah hal wajar yang sering dialami oleh wanita hamil muda.
Juga pada masa itu janin masih rentan mengalami keguguran, untuk itu ibu harus memenuhi nutrisi tubuhnya dengan baik agar kesehatan janin tetap terjaga. Tapi tidak mudah pasalnya ibu hamil mudah merasa mual dan muntah apabila mencium sesuatu yang menusuk penciumannya.

mengatasi mual saat hamil
Penyebab dari rasa mual pada ibu hamil disebabkan oleh Aam lambung, hormon meningkat,hormon HCG, metbolisme tubuh, pencernaan terdesak, dan psikologis.

Meskipun mual pada ibu hamil dianggap wajar, namun ada indikasi bahaya pada mual yang terjadi pada ibu hamil. Berikut indikasi bahaya mual pada ibu hamil:
>Saat makan dan minum selalu disertai mual dan muntah.
>Sedikit berkemih dan jumlah urin sedikit.
>Badan terasa lemas dan lesu.

Ketiga indikasi di atas mengarah ke indikasi bahwa ibu hamil mengalami penyakit hiperemisi gravidarum. Penyakit itu merupakan penyakit mual dan muntah yang over atau berlebihan.
Untuk mengobati penyakit tersebut atau untuk mengatasi rasa mual yang dialami ibu bisa mengkonsumsi QnC Jelly Gamat. Obat herbal ini 100% aman untuk ibu hamil Baca selengkapnya disini QnC jelly gamat

Selain dengan QnC jelly Gamat Anda juga bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi mual yang dialami, tipsnya yaitu:

Makan Sedikit Demi Sedikit Tapi Sering
Makan porsi sedikit demi sedikit tapi sering. Hal itu lebih efektif dibandingkan dengan makan banyak tapi jarang. Alasan porsi sedikit lebih bermanfaat bagi ibu hamil muda.

Hindari Makanan Penimbul Gas
Pasalanya makanan yang bergas bisa membuat perut terasa kembung atau penuh, akibatnya gas memenuhi perut dan terjadilanh mual.

Seperti kol, nangka, durian, tape, dan sawi hijau.

Minum yang cukup
Ibu hamil akan kekurangan cairan karena terus muntah oleh sebab itu ibu hamil harus mengganti cairan yang hilang dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Jika Anda meminum air hangat itu bisa mengurangi rasa mual dan muntah Anda.

Mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C
Memakan buah yang mengandung vitamin C akan menghilangkan rasa mual yang Anda alami. Karena vitamin C yang ada pada buah bermanfaat untuk menetralisir rasa mual.

Olahraga
Ibu hamil muda harus rajin melakukan olahraga. Olahraga yang baik untuk ibu hamil bisa memulainya dengan gerakan ringan seperti jalan-jalan di pagi hari yang bisa menghilangkan rasa mual.

Hindari stres
Stres adalah akiivitas berbahaya untuk ibu hamil yang bisa membuat mual dan muntah. Salah satu penyebabnya ialah ketika stres mental dan psikis ibu hamil akan terganggu yang akan menyebabkan ibu hamil mudah mengalami lelah.

Mengkonsumsi jahe hangat
Jahe mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual. Zat itu membuat bau jahe khas dan terasa hangat di perut. Sebelum meminum jahe hangat, ciumlah dulu aromanya yang segar. Aroma jahe bisa membuat tubuh dan pikiran rileks.

Menjauhi makanan yang menambah mual Anda
Ibu hamil sebainya tidak memakan makanan yang akan menambah rasa mual dan muntahnya. Makanan yang sebainya dihindari ibu hamil agar mualnya tidak betambah ialah makanan dengan kandungan lemak tinggi, makanan yang berminyak dan makanan pedas.

Tips atau cara mengatasi mual saat hamil diatas bisa Anda coba dan praktekan agar tidak berdampak bahaya pada kehamilan Anda karena mual menjadi penyebab keguguran hamil muda yang paling sering terjadi. Dan jagan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan pada dokter agar perkembangan serta kesehatan kandungan Anda tetap terjaga dengan baik.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*