Home » Artikel Kesehatan » Waspadai Efek Berbahaya Kerja Lembur Berlebihan

Waspadai Efek Berbahaya Kerja Lembur Berlebihan

Kerja lembur atau yang biasanya disebut over time adalah kerja melebihi waktu kerja yang normal. Waktu kerja normal berkisar antara 7 sampai 8 jam dalam satu hari, selama 5 hari kerja. Bila seseorang bekerja lembur, ia dapat menghabiskan waktu di tempat kerja selama lebih dari 10 jam. Kerja lembur terkadan diperlukan jika tugas kerja yang diberikan belum selesai dan harus di selesaikan tepat waktu.

Tapi perlu Anda ketahui ada efek buruk yang timbul akibat kerja lembur yang berlebihan. tubuh manusia tidak akan mampu bekerja satu hari penuh tanpa di sertai dengan istirahat yang cukup. Ini dikarenakan, tubuh bukanlah mesin dan tersusun atas organ-organ yang membutuhkan waktu jeda yang cukup pula. JIka tubuh terus dipaksakan untuk tetap bekerja maka akan terjadi gangguan pada kesehatan tubuh tersebut yang bisa membahayakan.

Bahaya Kerja Lembur Bagi Kesehatan

Waspadai Efek Berbahaya Kerja Lembur Berlebihan
Hasil studi dari Finnish Institute of Occupation Health menemukan orang yang berkerja diatas 8 jam setiap harinya memiliki kenaikan resiko terkena serang jantung 40 sampai 80 persen. Para peneliti juga menemukan, jam kerja yang panjang bisa membuat karyawan mengalami stroke dan serangan jantung. Penelitian ini melibatkan 22 ribu orang diseluruh dunia.

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang muncul akibat kerja lembur :

Fungsi Otak Terganggu

Bahaya pertama dari kerja lembur berlebihan ialah bisa menurunkan kemampuan intelektual pekerja tersebut (demensia).

Gangguan Jantung

Orang yang bekerja lebih dari waktu normal, beresiko terkena gangguan kardiovaskuler. Gangguan ini meliputi penyakit jantung, tekanan darah yang tinggi.

Stress

Pekerjaan yang menumpuk dan belum terselesaikan, harus selesai pada waktu yang sudah ditentukan tapi tidak selesai juga bisa membuat tingkat stress pada diri pekerja meningkat.

Kualitas Tidur yang Buruk

Karena kerja lembur yang berlebihan akan mengurangi jam tidur pekerja. Akibatnya bisa memicu berbagai penyakit hinggap di tubuh seperti memori menurun, berat badan meningkat, bahkan bisa memicu kanker. Sebab tidur adalah hal yang wajib dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh agar tubuh bisa rileks dan kembali berenergi.

Mengakibatkan Gangguan Mata

Bagi pekerja yang bekerja lembur di depan komputer selama seharian tanpa istirahat hal tersebut bisa merusak kesehatan mata. Yang bisa mengakibatkan ketegan pada mata, Gejala kondisi tersebut bervariasi mulai dari sakit kepala, mata kering, atau pandangan kabur. Dan lama kelamaan mata Anda bisa rusak.

Nah, setelah Anda tahu bahwa kerja lembur memiliki efek buruk bagi tubuh, apakah Anda masih tetap ingin melakukannya? ingatlah kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup, siapa yang akan menjaga kesehatan tubuh Anda jika bukan Anda sendiri yang menjaganya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*